Minggu, 14 Mei 2017

MENEMBUS HUTAN JATI DENGAN KERETA BERGERIGI



Kereta Uap Willem 1

Mau mengisi liburan panjang atau akhir Pekan yang menantang dengan tambahan pengetahuan? Tak ada salahnya untuk menikmati tur wisata kereta api tua, dari uap hingg disel. Naah, Museum Kereta Api di Ambarawa, Jawa Tengah menawarkannya. Di museum yang juga merupakan stasiun kuno tersebut, ada sejumlah pilihan perjalanan reguler atau sewa dengan dua alternatif kereta dan tujuan.

Untuk pilihan kereta, Anda bisa memilih menggunakan kereta uap yang berusia ratusan tahun, maupun kereta diesel kuno. Sedangkan rute yang dipilih ada Ambarawa-Tuntang yang menyuguhkan pemandangan gunung dan melintasi Rawa Pening. Sedangkan rute Ambarawa-Bedono melintasi perbukitan, Gunung Ungaran, dan Gunung Merbabu dengan lintasan menanjak. Untuk rute Ambarawa-Bedono memakai kereta uap, karena menggunakan roda gerigi untuk menaklukkan lintasan menanjak ke bukit.

Wisata Kereta Uap 

Gambar kereta uap di Stasiun Bedono
Nah untuk perjalanan dengan kereta uap jenis trip ini biasanya digunakan bersama keluarga besar. Kantor acara reuni maupun grup lainnya. Caranya, anda harus mendaftar untuk menyewanya lebih  dulu. Rute  rute Ambarawa-Bedono dilalui dengan medan perbukitan, atau rute Ambarawa-Tuntang yang melewati rawa pening seperti reguler.

Satu gerbong dapat memuat hingga 40 penumpang, untuk satu gerbong sendiri dapat disewa Rp 10 juta, untuk dua gerbong Rp 12,5 juta, dan tiga gerbong Rp 15 juta. Hanya saja, tujuan Ambarawa-Bedon maksimal hanya dapat menggunakan dua gerbong, dengan kapasitas sama tiap gerbong yaitu 40 orang.

Gambar rel kereta bergerigi
Satu kali perjalanan selama tiga jam pulang pergi tersebut dapat dipesan Rp 15 juta. Dalam perjalanan ini, kereta akan melintasi perbukitan dengan dua kali pemberhentian, yaitu di Stasiun Jambu, dan di wilayah Boga. Maklum untuk mengisi air dan mempersiapkan tekanan uap sebelum menanjak.

Nah karena setiap perjalanan perlu, bagi yang kan menumpang kereta ini perlu melakukan reservasi satu minggu sebelumnya. Reservasi ditujukan ke kantor PT KAI DAOP IV Semarang di Jalan MH Thamrin Nomor 3, Sekayu, Semarang, dengan membawa uang muka 10-20 persen. Setelah itu akan keluar pemberitahuan ke Stasiun Ambarawa, dan tiga sampai dua hari sebelum perjalanan akan keluar jam perjalanan pastinya, dan wisatawan juga wajib melunasi pembayarannya. Perjalanan Ambarawa-Bedono yang melintasi perbukitan kaki Gunung Ungaran dan Merbabu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar